Diet Nasi Putih untuk Mengatasi Gula Darah Tinggi

gula darah tinggi

Diet Nasi Putih untuk Mengatasi Gula Darah Tinggi

Nasi putih sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Asia. Walaupun sayangnya, menurut riset terbaru, makanan yang banyak dikonsumsi Indonesia ini ternyata memiliki potensi membuat gula darah tinggi hingga akhirnya meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Sebuah penelitian menemukan jika kelompok yang mengkonsumsi nasi putih lebih dari 5X sepekan akan beresiko 17% lebih tinggi mengidap diabetes dibandingkan kelompok yang mengkonsumsi nasi putih sekali dalam sepekan.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang berdampak pada cara tubuh mencerna glukosa untuk sumber tenaga. Tubuh seseorang yang mengidap diabetes tipe 2 akan menolak insulin atau tidak memproduksi insulin dalam jumlah cukup untuk menjaga kadar glukosa agar tetap normal. Penelitian ini sebenarnya belum bisa membuktikan sebab akibat, namun hanya menunjukkan keterkaitan antara pengonsumsian nasi putih dengan kenaikan kadar gula. Setidaknya penelitian ini bisa menjadi alasan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan biji-bijian dibanding dengan mengkonsumsi karbo olahan. Kadang kita mendengar penderita diabetes disarankan menjalani diet tanpa nasi. Walaupun begitu diet tanpa nasi bukanlah diet yang tidak boleh mengkonsumsi nasi, namun mengganti nasi dengan sumber karbohidrat yang lain.

Tahukah Anda jika mengganti 50 gram nasi putih harian dengan nasi coklat atau nasi merah dalam jumlah yang sama bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 16%? Dalam jumlah yang sama pula penggantian nasi dengan gandum bisa menurunkan diabetes hingga 36%. Tidak hanya untuk menurunkan resiko penyakit diabetes, penggantian nasi putih dan biji-bijian utuh disarankan karena nasi putih bisa menyebabkan gula darah yang tinggi secara mendadak. Biji-bijian utuh merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan serat terlarut. Oleh sebab itu serat memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengalami pemrosesan, gula yang dilepaskan secara perlahan ini bisa menjadi lebih stabil, inilah alasan mengapa nasi putih disarankan diganti.

Nasi merah memang lebih disarankan karena memiliki kandungan banyak nutrisi serta serat. Walaupun nasi merah serta nasi putih berasal dari biji yang sama, namun beras putih diproses dengan penggilingan yang menghilangkan lapisan dedak dan benihnya sementara di beras merah, lapisan dedak tetap ada sehingga menjadikannya jauh lebih keras sesudah di masak ia juga tetap bernutrisi. Proses pemurnian ini yang kemudian mengakibatkan beras putih mempunyai kadar indeks glikemik yang jauh lebih tinggi dibanding dengan nasi merah.

Diabetes memiliki hubungan yang erat dengan kelebihan berat badan sehingga sangat penting menjaga pola makan dengan keseluruhan. Ditambah dengan mengkonsumsi nasi putih secara terus menerus bukan hanya meningkatkan resiko diabetes saja namun juga penyakit lain. Disamping itu diet tanpa nasi juga bisa dilengkapi dengan menu harian seperti kacang-kacangan, makanan vitamin C. Jika Anda ingin mengkonsumsi minuman manis namun gula darah tinggi bisa ditekan, Anda dapat mengganti gula dengan Tropicana.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *