Hal-Hal yang Perlu di Ketahui Tentang Tanya Perizinan Usaha

Membuka usaha sendiri merupakan sebuah alternatif untuk menghadapi masalah sulit didalam mencari lapangan pekerjaan. Seperti yang kita ketahui semua, jika dewasa ini mungkin di Indonesia sedang mengalami krisis lapangan pekerjaan. Maka dengan kita lebih mandiri, diharapkan mampu membantu negara kita dari angka kemiskinan yang kian meluas. Namun karena kita tinggal di negara yang taat terhadap hukum, sebelum anda membuka usaha berikut ini merupakan hal-hal yang perlu diketahui tentang tanya perizinan usaha.

Pertama yang mungkin anda lakukan ialah dengan mendatangi sendiri kantor dinas perdagangan setempat. Dalam hal ini anda bisa bertanya secara langsung kepada petugas bila tidak mengetahui cara pengurusan perizinan usaha. Setelah dirasa sudah jelas, anda bisa mengambil surat atau formulir perizinan yang selanjutnya anda isi dengan lengkap.

Kedua biasanya anda akan dimintai untuk melengkapi berkas sebagai syarat untuk mencetak surat perizinan usaha. Anda bisa segera melengkapi keseluruhan dokumen yang diminta dan selanjutnya mengembalikan berkas tersebut agar selanjutnya berkas anda cepar diproses oleh petugas sehingga surat perizinan usaha anda cepat diterbitkan.
Ke tiga biasanya anda akan dikenakan biaya untuk penerbitan surat perizinan usaha. Untuk besarannya mungkin akan sangat tergantung dengan skala dan jenis usaha yang akan anda buka. Pada dasarnya surat prizinan usaha atau biasa dikenal dengan SIUP jenisnya dapat dibedakan menjadi 3, pertama SIUP besar, ke dua SIUP menengah, dan yang ke tiga Siup kecil.

Ke empat setelah anda sudah melengkapi semua berkas yang dibutuhkan dan memberikannya kepada petugas, selanjutnya anda akan diperkenankan menunggu hingga surat perizinan usaha diterbitkan oleh petugas berwenang. Biasanya untuk proses tunggunya bisa memakan waktu hingga selambat-lambatnya 2 minggu.

Nah, itu tadi merupakan hal-hal yang perlu anda ketahui tentang tanya perizinan usaha. Menjadi pelaku usaha memang bisa dibilang gampang-gampang susah, pasalnya perindustrian di Indonesia akhir-akhir ini juga mengalami pasang surut. Nah, untuk itulah pemerintah mendirikan BKPM untuk mengatasi para pelaku usaha yang hingga saat ini memiliki permasalahan terlebih dalam hal permodalan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *