Perkembangan Sektor Pertanian di Indonesia Saat Ini yang Perlu Diketahui

Perkembangan Sektor Pertanian di Indonesia Saat Ini yang Perlu Diketahui

Indonesia sebagai negara agraris dikenal akan kekayaan sumber daya alamnya, lahan yang luas, kesuburan tanahnya dan beriklim tropis sehingga dalam kurun waktu setahun selalu bisa dilakukan penanaman karena matahari selalu bersinar selama setahun. Sebagai negara agraris perkembangan sektor pertanian di Indonesia saat ini merupakan tujuan utama pemerintah. Dalam kenyataannya meskipun dikenal akan kekayaan alam serta kesuburan tanahnya, Indonesia belum menjadi produsen produk pertanian yang terbesar di kancah internasional.

 

Walaupun sektor pertanian di Indonesia saat ini belum mampu menyaingi beberapa negara lain seperti Cina dan India namun sektor pertanian selalu mengalami perkembangan karena sektor pertanian termasuk sektor yang strategis dan penting. Sektor pertanian berperan untuk menyediakan bahan pangan, penyedia bahan baku industri, menyumbang produk domestik regional bruto atau PDRB, serta berperan sebagai sumber utama pendapatan rumah tangga pedesaan. Menurut data FAO pada tahun 2008 Indonesia menempati urutan ke tiga sebagai produsen beras terbesar di dunia, hal ini menunjukkan bahwa pertanian Indonesia mampu memenuhi kebutuhan beras dalam negeri sebagai kebutuhan pangan.

 

Sebagai produsen beras terbesar ke tiga di dunia Indonesia masih mengalami kesulitan dalam pendistribusian pangan karena sebagian besar hasil pertanian terkonsentrasi di Pulau Jawa sehingga ketersediaan pangan belum seimbang antara Pulau Jawa dengan Pulau di luar Jawa. Kesulita terbesar dalam mendistribusikan hasil pertanian ialah sifat pasca panen sayuran dan buah yang tidak dapat bertahan lama sehingga untuk pendistribusian yang menempuh jarah yang cukup jauh menyebabkan bahan pangan tersebut sudah tidak dalam konsdisi segar. Jawaban untuk permasalahan ini ialah diperlukan pembangunan yang maksimal dalam sektor pertanian di Indonesia saat ini sehingga jalur pendistribusian  bahan pangan merata di seluruh daerah di Indonesia dan tercapailah ketahanan pangan yang kuat.

 

Pembangunan sektor pertanian di Indonesia saat ini terus dicanangkan terutama oleh pemerintah melalui kegiatan intensifikasi, ekstensifikasi dan rehabilitasi. Intensifikasi ialah upaya peningkatan produktivitas sumber daya alam seperti penggunaan pupuk, pestisida, dan lain-lain. ekstensifikasi merupakan upaya untuk memperluas sumber daya alam dengan memperluas area panen, perluasan daerah penangkapan ikan dan sebagainya. Sedangkan rehabilitasi ialah upaya untuk mengembalikan atau memulihan sumber daya alam yang telah mengalami kerusakan sehingga mampu berproduktivitas kembali. Usaha-usaha pembangunan pertanian ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian namun juga diharapkan mampu menghasilkan perubahan sosial baik dalam norma, perilaku, nilai, lembaga, sosial, dan sebagainya sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan juga masyarakat.

 

Selain dengan melakukan upaya pembangunan pertanian, pemerintah juga membuat kebijakan dengan memberikan bantuan modal serta pelatihan-pelatihan kepada petani sehingga sektor pertanian di Indonesia saat ini dapat berkembang dan bukan saja peningkatan produktivitas yang dapat dicapai namun juga terwujud sumber daya manusia yang berkualitas. Upaya pemerintah dalam memberikan bantuan modal dinilai sebagai upaya yang paling besar pengaruhnya karena umumnya petani merupakan penduduk desa yang tidak memiliki banyak modal sehingga pertanian hanya dilakukan dalam sekala yang kecil.

 

Sedangkan di lain sisi pemberian modal dapat dilakukan dengan adanya penanaman investasi pada sektor pertanian. Oleh karena itu pemerintah melalui BKPM berkeja untuk mengatur pelayanan penanaman modal di Indonesia. BKPM atau kepanjangan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia yang bertugas untuk melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *