Tips Mencuci Pakaian Bayi yang Benar

cara mencuci pakaian bayo

Pakaian bayi harus dicuci dengan bersih agar tidak menimbulkan penyakit pada buah hati tercinta. Bunda harus ingat bahwa bayi punya daya tahan tubuh yang rendah sehingga kebersihannya harus selalu dijaga. Salah satu caranya adalah dengan mencuci pakaiannya dengan sabun Rinso yang terbukti ampuh menghilangkan noda dan kuman sekaligus. Kali ini kita akan belajar teknik membersihkan pakaian buah hati dengan benar.

Pisahkan Pakaian

Sebelum memulai proses pencucian, pisahkan pakaian bayi yang terkena kotoran dengan tidak agar kotoran tersebut tidak mengenai yang lainnya. Untuk pakaian yang terkena BAB bayi, hendaknya dibuang dulu BAB-nya sebelum direndam dengan sabun cuci.

Rendam

Setelah baju bayi dipilah-pilah, rendamlah dalam cairan Rinso selama 15 menit. Biarkan kotoran dan noda membandel luntur dengan sendirinya. Proses ini juga akan memudahkan Anda dalam menguceknya nanti dan menghindari lecet pada tangan karena efek sabun yang keras.

Cuci Tanpa Menyikatnya

Setelah direndam, hendaknya pakaian dikucek perlahan, terutama pada bagian yang terkena noda. Bisa juga dengan dikucek di lantai. Jika ada bagian yang membandel, oleskan sedikit Rinso cair yang efektif menghilangkan noda tanpa merusak serat pakaian. Jangan menyikat baju karena bisa merusak seratnya sehingga timbul serabut-serabut halus.

Berikan Pewangi Bilas

Bilas pakaian yang telah dikucek dengan air bersih sebanyak dua kali. Setelah itu, rendam pakaian bayi dalam cairan yang telah diberikan pewangi bilas. Biarkan terendam selama 10 menit agar bau wanginya menempel di serat kain. Kemudian, peras dan keringkan tanpa membilasnya dengan air lagi. Letakkan baju di bawah terik matahari agar kumannya benar-benar hilang.

Setrika

Jangan biarkan pakaian buah hati Anda kumal dan terlihat jelek saat dikenakan. Anda harus menyetrika baju bayi tersebut agar rapi dan bagus saat dikenakan. Selain merapikan, menyetrika baju juga akan membuat pakaian lebih bersih dari sebelumnya. Kuman yang masih bertahan di pakaian bisa mati karena panas dari setrika. Alhasil, baju bayi Anda benar-benar bersih, wangi dan tentunya terhindar dari kuman berbahaya. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *