Waspada: Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat

Waspada Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat

Menjadi ibu seutuhnya adalah dambaan setiap wanita. Kelahiran seorang bayi setelah 9 bulan 10 hari penantian adalah momen yang membahagiakan. Bagi seorang wanita yang sudah hamil, pastinya menunggu saat-saat indah tersebut.

Bahagia boleh, namun Anda harus waspada terhadap tanda tanda persalinan sudah dekat. Pada 40 minggu kehamilan fisik bayi cukup siap untuk keluar dari rahim. Namun, bagaimana dengan fisik Anda? Tak jarang fisik ibu belum siap untuk melakukan persalinan.

Ketika sudah dihadapkan dengan minggu-minggu terakhir kehamilan Anda harus menyiapkan kebutuhan persalinan, termasuk menyiapkan kesehatan fisik dan mental Anda sendiri.

Kesuksesan dalam persalinan bertumpu pada kekuatan mental, kesehatan, dan keyakinan Anda sendiri.

Waspada Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat

Di minggu terakhir kehamilan Anda akan menemukan perbedaan fisik maupun psikis dalam diri Anda. Jika Anda mengalaminya berarti tanda tanda persalinan sudah dekat. Ibu yang akan melahirkan biasanya sulit tidur dan merasa cemas akan banyak hal.

Layaknya seorang wanita pada masa pra menstruasi, psikis Anda akan berubah-ubah dalam waktu yang singkat. Selain perubahan psikis, ibu yang akan melahirkan juga mengalami perubahan bentuk fisik terutama pada organ reproduksi.

Anda juga perlu memperhatikan perubahan yang satu ini.

Beberapa waktu sebelum melahirkan, organ reproduksi akan berasa lebih lunak dan melebar beberapa senti.

Namun, melebarnya organ reproduksi tersebut belum cukup menjamin bahwa persalinan akan segera terjadi.

Selain itu, melebarnya organ reproduksi akan diikuti dengan keluarnya cairan kental dan darah dari vagina. Tanda tanda persalinan sudah dekat yang paling mudah untuk diketahui adalah perubahan ketuban.

Sebelum air ketuban pecah, Anda akan merasakan kontraksi untuk mengiringi pecahnya ketuban. Ketika air ketuban sudah pecah maka kelahiran akan segera berlangsung. Pada fase pra persalinan, tak jarang ibu akan menggigil yang luar biasa namun tidak dikarenakan sakit demam.

Ketika Anda mengalami hal tersebut di minggu terakhir persalinan, sebaiknya Anda pergi ke bidan atau rumah sakit terdekat.

Kondisi tersebut merupakan sinyal dari janin yang siap untuk melakukan kontraksi kemudian diikuti pecahnya air ketuban tadi.

Bukan hanya memperhatikan persalinan, Anda juga perlu memperhatikan nasib bayi Anda selanjutnya pasca kelahirannya.

Anda harus mencari berbagai referensi mengenai kebutuhan bayi, seperti kebutuhan mengenai imunisasi bayi 1 bulan, dan juga nutrisi maupun kebutuhan fisik lainya.

Untuk itu, Anda dapat bergabung dengan SGM.

Di situ Anda dapat mengetahui kebutuhan bayi Anda selanjutnya. Bukan hanya itu, dalam komunitas tersebut juga terdapat banyak ahli yang dapat Anda ajak berkonsultasi ketika terdapat masalah pada tumbuh kembang anak Anda.

Konsultasi maupun bertukar pengalaman baik kepada sesama orangtua atau tim ahli dapat dengan mudah diakses secara online.

Sebelum tanda tanda persalinan sudah dekat datang, bergabung dengan grub ini juga sangat recommended.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *